Slogan Laut Bukan Tempat Sampah Terus Dikumandangkan


Petugas Kebersihan Kota Jayapura tengah membersihkan bibir Pantai Dok II Jayapura Utara, dari tumpukan sampah, beberapa waktu lalu.(FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Slogan “Laut Bukan Tempat Sampah” nampaknya tak henti-hentinya dikumandangkan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, untuk menimbulkan kesadaran masyarakat di Papua dalam mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan, termasuk kebersihan laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. FX. Mote, M.Si., mengatakan, laut merupakan tempat bagi nelayan mencari nafkah, sekaligus sebagai sumber pendapatan daerah dan Negara.

“Saya minta rakyat di Papua untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih khusus ke laut, sungai, kali, selokan, pulau maupun danau, sehingga tidak mencemari lingkungan,” tegas Drs. FX. Mote, M.Si., kepada Cenderawasih Pos via telepon, Kamis (7/2) kemarin.

Pihaknya minta masyarakat menjaga kebersihan, terutama kebersihan pantai dan laut, sehingga biota laut, ikan-ikan dan terumbu karang tidak tercemar oleh berbagai jenis sampah yang dibuang sembarangan, mulai dari sampah botol, kertas, hingga sampah plastik.

“Rumah-rumah panggung di pesisir pantai pun mesti menghadap ke laut. Jangan malam sebaliknya membelakangi laut. Artinya, kalau rumah kita menghadap laut, sampah-sampah rumah tangga pun tidak akan dibuang sembarangan ke laut,” tambahnya.

Dengan langkah yang diambil Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, MM., dalam mengurangi sampah plastik, serta imbauan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, untuk tidak menjadikan laut tempat sampah, sekiranya mampu diinterpretasikan dengan baik oleh masyarakat di Papua, untuk lebih sadar akan kebersihan lingkungan, terutama kebersihan laut. (gr/ary)



Source link

Leave a Comment