Pertanyakan Bekas Galian Drainase yang Dibiarkan 


Denny/ Cepos
Gundukan bekas galian pembersihan drainase di jalan Hom–hom yang dibiarkan begitu saja usai dibenahi oleh Pemda Jayawijaya.

WAMENA-Warga Hom –hom dan sekitarnya mulai mempertanyakan bekas galian pembenahan drainase yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait beberapa waktu lalu. Pasalnya tumpukan tanah   dari dalam galian drainase masih tertampung di depan rumah warga. Bahkan jembatan penghubung kecil yang ada depan rumah warga juga belum dipasang kembali.

  Salah satu warga Hom–hom, Frison mengugnkapkan bawha galian yang ada di depan perumahan ini sudah memakan waktu seminggu, namun tidak pernah dipindahkan oleh pemerintah daerah. Ia mempertanyakan   untuk memindahkan galian ini apakah warga sendiri atau dinas yang bersangkutan.

  “Ini harus diperjelas, siapa yang bertanggungjawab untuk memindahkan galian ini apakah warga sendiri atau pihak –pihak yang melakukan perbaikan drainase di jalan Hom –hom?”ungkapnya Kamis (7/2) kemarin.

   Menurut Frison, tumpukan tanah   ini sangat mengganggu warga yang ingin masuk dalam pemukimannya, karena tumpukan tanah tersebut masih tinggi. Bila hujan deras, dikhawatirkan   akan terbawa air kembali masuk ke dalam drainase yang telah dikeruk minggu lalu. Hal ini tentunya menjadi satu kerugian karena harus bekerja dua kali.

  “Kalau tidak dipindahkan, maka jika hujan turun maka tanah yang dikeruk itu akan kembali masuk dalam drainase itu,”jelas Frison kemarin.

  Di tempat berbeda Rizky warga hom –hom juga mempertanyakan jembatan masuk ke pemukiman yang juga dirusak saat dilakukan penggalian itu. Saat ini,  warga  terpaksa  membuat jembatan sederhana agar bisa memasukan kendaraan dalam halaman rumahnya,

   Menurutnya, akibat galian yagn dibiarkan begitu saja, maka banyak dampak yang terjadi. Contoh, bila hujan datang maka becek dari tanah itu bersebaran di halaman rumah, sedangkan kalau panas maka akan menimbulkan debu. “Kita lihat dampaknya yang kurang baik untuk kesehatan, ini sangat mengganggu nantinya apabila dibiarkan begitu saja,”bebernya.(jo/tri)



Source link

Leave a Comment