Panitia UN Akan Deteksi Pelajar Nduga yang Mengungsi ke Wamena


JAYAPURA- Berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Nduga, Kabid Pendidikan Layanan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Laorens Wantik, S.Pd, M.Pd., yang juga Ketua Panitia Ujian Nasional Provinsi Papua, menyebutkan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Papua akan terlebih dahulu mendeteksi anak-anak Nduga yang mengungsi ke Wamena, Jayawijaya.

“Pengungsi dari Nduga, merupakan anak-anak SMA/SMK, nanti akan kami  fasilitasi mereka melaksanakan UN di salah satu sekolah di Wamena,” ungkap Laorens Wantik, S.Pd, M.Pd., kepada Cenderawasih Pos, Kamis (7/2) kemarin.

Sementara itu, untuk murid-murid peserta UN di Nduga, Panitia UN Dinas Pendidikan Provinsi Papua akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Nduga, sehingga kala dikonfirmasi tidak terjadi kendala dalam pelaksanaan UN di Nduga dan para murid peserta UN akan tetap melaksanakan UN di sekolah masing-masing di Nduga.

“Namun di sisi lain, kami tetap bersinergi dengan pihak keamanan TNI-Polri. Artinya, kala kami distribusi soal-soal ujian selalu kerja sama dengan pihak keamanan. Dengan demikian, sinergitas yang dibangun dapat menjamin para murid melaksanakan ujian dengan aman,” tambahnya.

Sebaliknya, kalau memang kondisi dan situasi di Nduga tidak memungkinkan, maka alternatif lain akan dicari, sehingga murid-murid peserta UN di Nduga tetap dapat melaksanakan ujian sesuai dengan agenda nasional.

“Dari regulasi pusat pun telah tertuang di poin-poin tertentu untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu,” pungkasnya. (gr/ary)



Source link

Leave a Comment